Jumat, 05 Oktober 2012

FENOMENA TEKNOLOGI ZAMAN SEKARANG

Kemajuan teknologi yang sangat pesat sudah mendorong orang untuk berlomba-lomba mempercantik penampilan mereka dengan gadget-gadget ataupun alat2 teknologi canggih lainnya macam earphone, headset, MP3, MP4, iPad dan sebagainya. Bukan hanya orang-orang dewasa yang sering menggunakan alat2 canggih tersebut. Perlu kita ketahui, bahwa anak-anak cenderung lebih sering memakai alat2 teknologi tersebut ketimbang orang dewasa.  Jika kita mundur kebelakang mungkin 10 tahun yang lalu, ketika masyarakat di Indonesia baru mengenal handphone mungkin hanya kalangan tertentu saja yang bisa memilikinya, mungkin pejabat, kalangan selebriti, publik figur ataupun orang2 yang ada di dalam suatu instansi. Tapi coba kita lihat sekarang. Teknologi handphone sepertinya bukan barang langka saat ini, jangankan orang2 dewasa ataupun pejabat dan publik figur, anak TK pun sudah diperkenalan dan mengerti betul penggunaan handphone, bahkan yang lebih menarik, sekarang handphone sudah dimodifikasi se-dimikian rupa oleh perusahaan2 terkenal. 

Ini dia perbedaan anak-anak zaman dulu dan anak2 zaman sekarang yang berkenaan dengan penggunaan teknologi ;
  1. Anak2 zaman dulu menggunakan jari2 mereka atau sempoa ketika menghadapi pelajaran matematika. Tapi kita tengok sekarang, anak2 sekarang menggunakan kalkulator modern yang lebih praktis dan lebih efektif. 
  2. Anak2 zaman dulu selalu membeli paper sheet + binder yang isinya memuat biodata, foto2, puisi, tulisan2 kemudian mereka saling tkar menukar. Tapi anak2 zaman sekarang lebih suka tukar menukar pin BB, akun FB, Twitter, Email dsb.
  3. Anak2 zaman dulu suka bermain karet, gundu, petak umpet dsb. Tapi kita lihat sekarang, anak2 lebih suka mengisi waktu mereka dengan bermain Game Online, game PC, portable PS.
  4. Anak2 zaman dulu kalo minta uang kalau tidak beli makanan pasti buat beli mainan, tapi kalau sekarang mereke lebih suka beli CASH GAME ONLINE, beli pulsa, beli hp baru dsb.
  5. Anak2 zaman dulu rajin2nya nabung dicelengan buat beli buku dan alat tulis, tapi anak2 sekarang mending nabung buat beli kaset PS ataupun gadget lainnya
Fenomena memang, dalam kurun waktu 10 tahun saja teknologi sudah membuat dunia semakin instan dan simpel, apalagi mungkin 50 tahun yang akan datang. Mungkin manusia bisa masuk ke dunia virtual ataupun mungkin manusia bisa menciptakan mesin waktu. WOw! Teknologi memang sangat dan paling berpengaruh dalam kehidupan umat manusia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar